varian langka VW Dakota kabin ganda

#pkuriau 50an Penghobi VW Indonesia Melepas Rindu di Pekanbaru

Kalau sudah hobi, jarak tidak lagi dipandang sebagai penghalang. Jarak hanyalah sebuah harga yang harus ditebus untuk sekadar melepas rasa rindu untuk bertemu sesama hobi. Ribuan kilometer ditempuh, hanya untuk berbincang, bertegur sapa, menikmati pesona, melihat kreasi teman, bertukar pengalaman, menjual barang, atau hanya untuk sekadar mejeng tanpa maksud apa-apa.

Pameran & Kontes Mobil Volks Wagen se-Sumatera di Pekanbaru

Itulah yang terjadi di Pekanbaru, Riau, hari Sabtu (18/5/2013) sampai Minggu (20/5/2013), saat sekitar 50 pemilik kendaraan lawas asal Jerman Volkswagen atau yang lebih dikenal dengan nama VW, berkumpul. Pemilik VW yang dalam bahasa Jerman berarti “mobil rakyat” itu, rela datang dari seluruh penjuru Sumatera, hanya untuk melepas kerinduan dengan pemilik klangenan yang sama dalam acara bertajuk 1 Day With VW II

Ada yang datang dari Banda Aceh, menempuh perjalanan sepanjang 1.200 kilometer. Ada yang dari Baturaja, Sumatera Selatan yang menjelajahi Trans Sumatera sepanjang 1.000 kilometer, dari Bengkulu, Lampung. Bahkan ada pula yang datang dari Bekasi dan Bandung. Sebagian dari mereka, terutama dari kota yang dekat dari Pekanbaru, seperti Padang (Sumbar) menyetir sendiri, namun sebagian besar pemilik VW lain, mengajak pasangan, atau teman seperjalanan untuk mengusir sepi.

50an Penghobi VW Indonesia Melepas Rindu di Pekanbaru

Sebagian besar mobil yang ditampilkan adalah si bulat VW Kodok dan caravan VW Combi. Jenis kodok atau yang dikenal dengan VW Beetle memang lebih mendominasi. Maklum, saat ini, di Indonesia, jumlahnya masih paling banyak dibandingkan jenis lainnya. Penampakannya berwarna warni, seperti balon, ada merah, kuning, hijau, biru, putih dan hitam. Tidak banyak variasi dari jenis ini, kecuali tampilan cat dan kelengkapan interior. Kebanyakan mempertahankan bentuk asli, atau orisinil.

Untuk jenis Combi, variasi pemilik lebih banyak dilakukan pada bagian interior, terutama dengan membuang bagian kursi tengah untuk dijadikan area serba guna. Bagian tengah yang kosong biasanya dikombinasi dengan lapisan dinding yang dibentuk laksana minibar berisi berbagai jenis minuman.

varian langka VW Dakota kabin ganda

Dari semua jenis VW yang tampil, varian langka jenis VW Dakota kabin ganda menjadi salah satu pusat perhatian pengunjung. Pemiliknya adalah Johny Maringka, yang tidak lain Ketua VW Club Pekanbaru. VW Transporter juga menarik pengunjung, yang dibawa dari Palembang oleh Tri Joko Darmadi, Ketua Klub VW Palembang.

Namun, primadona dari seluruh VW tadi adalah sebuah mobil yang berlabel Karmann Ghia keluaran tahun 1956, yang dimiliki oleh tuan rumah, Johny Maringka. VW ini berbeda dari jenis lainnya, karena tampilannya sporty dan seakan tidak pernah ketinggalan zaman.

Menurut Harry Oktavian, salah seorang panitia, Karmann Ghia milik Johny dibelinya dari Padang, dengan harga Rp 1,2 juta dalam kondisi teronggok. Bahkan oleh pemilik lama, kendaraan itu sudah dijadikan kandang ayam. Johny kemudian merehab mobil itu berbulan-bulan untuk melengkapi asesoris yang hilang.

vw-club-ketika-jarak-tak-jadi-penghalang

Dari literatur VW, Karmann Ghia merupakan jenis kendaraan yang dihasilkan setelah era perang dunia ke-2. Pada masa itu, ekonomi mulai pulih setelah perang, sehingga hampir seluruh pabrikan mobil dunia tidak terkecuali VW membuat varian yang lebih wah untuk mendongkrak imej. Chevrolet misalnya mengeluarkan jenis Corvette, Ford meluncurkan Thunderbird dan VW membuat Karmann Ghia.

Bagi penggemar VW, bertemu dengan rekan sesamanya memang sangat menyenangkan. Melihat berbagai jenis mobil yang unik-unik yang masing-masing memiliki kisah yang tidak kalah menarik dari mobilnya sendiri. Bagi penikmat mobil tua, ajang ini dapat menjadi oase ditengah padang pasir. (KOMPAScom)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s