#ISG2013 Menpora Ungkap Alasan Mundurnya Islamic Solidarity Games III

Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo mengungkap fakta soal penundaan Islamic Solidarity Games (ISG) III yang seharusnya digelar 6 Juni-17 Juni mendatang di Pekanbaru.

Dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Roy menjelaskan polemik ini dimulai dari kasus demi kasus yang muncul di Pekanbaru. Mulai dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang lalu belum tuntas secara keuangan.

Hal ini kemudian membuat sejumlah anggota DPRD Pekanbaru berurusan dengan hukum. Dan akhirnya, pada Februari lalu, Gubernur Riau, Rusli Zainal pun ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Status tersangka inilah yang kemudian membuat beberapa pihak menjadi berpikir ulang,” ungkap Roy, Rabu (29/5/2013) malam.

Dia mengatakan, perkembangan demi perkembangan pun berlanjut. Hingga muncul beberapa opsi terkait penyelenggaraan event olahraga negara-negara yang tergabung dalam OKI itu. Opsi pertama, tetap melaksanakan sesuai tanggal. Namun itu jelas tidak mungkin. Opsi kedua, menunda hingga September atau Oktober. Opsi terakhir menjadi pilihan yang disepakati.

Roy menuturkan, masukan dari KPUD didapat bahwa pada September 2013 itu sangat krusial. Karena terjadi pemilihan kepala daerah. Sedangkan Oktober, itu masih demikian, kalau memasuki putaran kedua.

Selain itu, wakil Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) menyesalkan tidak terjalinnya komunikasi yang lancar dengan Panitia daerah. “Saya baru tahu kalau tidak pernah ada komunikasi antara Pak Rusli Zainal dengan panitia ISSF. Komunikasi selama ini ternyata hanya terjadi antara panitia pusat dengan ISSF,” ujarnya.

Tetap Digelar
Menpora menegaskan, ISG III di Indonesia akan tetap digelar. Utusan khusus ISSF pun menyampaikan bahwa tidak mungkin menyelenggaran ISG pada Oktober yang bertepatan dengan pelaksanaan ibadah Haji.

“Opsi Oktober otomatis terkunci. Mau tidak mau harus September, meskipun di Pekanbaru saat itu Pemilukada, saat itu kami belum melihat itu sebagai hambatan,” ucapnya.

“Hambatan berikutnya, ketika mengunjungi venue di Pekanbaru. Ternyata, untuk venue utama, yaitu stadion utama yang akan digunakan semenjak PON 2011 lalu, ternyata stadion itu belum lunas. Rp 240 miliar terutang yang harus dilunasi,” ungkapnya.

Untuk melunasi utang tersebut, sangatlah sulit dilakukan melalui anggaran dari APBD, dengan status Gubernur Riau sebagai tersangka. Apalagi, dalam Rapat di DPRD, pencairan dana ini ditolak.

Selain itu, stadion aquatic, buat venue renang, tidak sesuai dengan standar internasional. “Betul standar PON. Karena itu 8 lines. Tapi untuk standar internasional harus 10 lines. Bahkan kedalamannya kurang 20 sentimeter. Harusnya stadion dibongkar lagi, kemudian diperdalam,” jelasnya.

Alasan non teknisnya adalah status Gubernur Riau sebagai tersangka. Berdasarkan konsultasi dengan BPK, KPK, mengenai kaitan status tersangka dengan pencairan dana.

Apalagi kini status Gubernur Riau juga sudah ditingkatkan statusnya melalui cekal. “Kalau nanti ISSF ingin berkonsultasi dengan beliau (Rusli), beliau sudah tidak bisa lagi ke luar negeri. Sehingga ini pasti akan ada kendala,” jelasnya.

Selain itu Wakil Gubernur Riau sudah menyatakan tidak bersedia untuk melanjutkan kalau kemudian hari terjadi sesuatu dengan Gubernur. Begitu juga dengan Sekda. “Ada sturkturnya, kalau Gubernur berhalangan maka wakil gubernur. Kalau wakil gubernur kalau tidak ada, maka Sekda sebagai referensi kami,” terangnya.

Untuk diketahui, ISG 2013 dijadwalkan berlangsung di Pekanbaru 6-17 Juni 2013. Namun, lantaran kendala non-teknis di Riau, ISG dipindah ke Jakarta. Perhelatan ISG berlangsung di Jakarta dan akan digelar pada 22 September hingga 1 Oktober 2013.

Roy mengatakan, bahwa penyelenggaraan ISG III belum tentu akan digelar di Pekanbaru. Sehingga opsi pemindahaan penyelenggaraan bukan di Pekanbaru dibuka.

“Saya sudah bertemu calon tuan rumah ISG III. Bahkan sudah membahas mengenai rencana pemindahan tersebut,” katanya.

Sumber: Tribunnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s