BMKG: Waspada, Suhu Udara #Riau Ekstrem

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan temperatur udara di sejumlah wilayah di Provinsi Riau saat ini mulai ekstrem atau berada di atas normal.

“Kemarin (Selasa 18/6) sekitar pukul 16.00 WIB temperatur udara sebagian besar Riau, termasuk Kota Pekanbaru, mencapai 35,2 derajat Celsius. Kondisi itu sudah masuk kategori ekstrem karena maksimum normalnya adalah 34,5 derajat,” kata analis BMKG Pekanbaru Warih Budi Lestari, Rabu (19/6).

Ia mengatakan, suhu udara ekstrem atau dengan kondisi panas di atas rata-rata menjadi penyulut terjadinya kebakaran hutan atau lahan di berbagai kawasan. Hal itu, menurutnya, karena panas ekstrem menyebabkan daratan menjadi kering serta pepohonan layu dan mengakibatkan dedaunan mudah gugur dan gampang terbakar.

“Khususnya kawasan hutan atau lahan kosong yang ditumbuhi semak berlukar. Kawasan ini sangat rawan kebakaran,” katanya.

Warih mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan untuk kepentingan apapun, termasuk upaya perluasan lahan perkebunan. “Karena pembakaran lahan dengan cara tradisional berpotensi menyulitkan pemilik lahan untuk memadamkan api. Bahayanya, api tersebut sangat berpotensi cepat meluas hingga mengakibatkan suhu udara bertambah panas,” katanya.

Kasus kebakaran hutan atau lahan saat ini terjadi di berbagai wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Riau. Salah satunya yakni di Kota Dumai, puluhan hektare kawasan lahan gambut di beberapa kecamatan di sana dikabarkan telah terbakar tanpa diketahui penyebabnya.

Kebakaran di Kota Dumai juga menimbulkan kabut asap peklat, bahkan mengakibatkan dua penerbangan dari Bandara Pinang Kampai dibatalkan, Rabu pagi, karena jarak pandang terbatas.

Sumber: MetroNews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s